Selasa, 08 Maret 2022

SMP Muhammadiyah 2 Kebumen dinobatkan sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional 2022


SMP Muhammadiyah 2 Kebumen kembali di bulan Februari 2022 mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Aktif Literasi Nasional dalam Festival Literasi Kebumen 2021. Program Kegiatan literasi ini diselenggarakan oleh Nyalanesia, Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen dan Kementrian Agama Kabupaten Kebumen berlangsung sejak bulan Juli 2021 sampai dengan Maret 2022. Peserta program difasilitasi dan bertualang bersama serangkaian kegiatan yaitu 1) Workshop dan Sertifikasi Kompetensi, 2) Penulisan dan Perlombaan Literasi, 3) Penerbitan dan Per-cetakan Buku Ber-ISBN, 4) Fasilitas Pembuatan dan Pengelolaan Website Literasi Sekolah, 5) Konsultasi dan Pengembangan Program Literasi, 6) Seminar Nasional dan Sarasehan, 7) Penganugerahan Peng-hargaan dan Hadiah Ratusan Juta Rupiah, serta 8) Acara Puncak Festival Literasi Nasional Tahun 2022

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat untuk dapat menerbitkan buku ber-ISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional. Program GSMB Nasional dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien dan penuh suka cita.

Dalam Program ini SMP Muhammadiyah mendapatkan penghargaan sebagai siswa terbaik ke 2 dalam katagori penulisan puisi tingkat Sekolah Menengah Kabupaten Kebumen atas nama Siswa Davina Febriyani dengan mendapatkan piagam penghargaan, piala serta uang pembinaan. 


Turut serta koordinator kegiatan di tingkat sekolah mendapatkan penghargaan sebagai guru berprestasi dibidang Literasi atas nama Ibu Setiani, S.Pd. Penyerahan hadiah sekaligus puncak festival Literasi Kabupaten Kebumen yang bertempat di hotel Mexolie dihadiri langsung oleh Bupati Kebumen bapak H. Arif Sugiyanto, SH, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabpaten Kebumen, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupten Kebumen serta seluruh peserta Program Gerakan Sekolah Menulis Buku kabupaten Kebumen tahun 2021. 

Dalam sambutannya Bupati Kebumen menyampaikan pesan kepada peserta yang hadir agar di masyarakat memulai membudayakan menulis walaupun sederhana, karena dengan menulis akan membentuk karakter bangsa yang unggul.


Satu karya buku yang diterbitkan dalam program ini oleh siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen adalah karya buku antologi Puisi yang berjudul “Ketika Kata Bersuara” yaitu kumpulan 50 tulisan puisi siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Kebumen. Kami bersyukur mengikuti kegiatan ini karena para siswa ditanamkan budaya literasi dengan baik sehingga dapat meningkatkan minat belajar, dan produktifitas berkarya menjadi semakin baik, kata Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, Imam Romzan Fauzi, M.Pd yang juga diberikan penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi di bidang Literasi Kabupaten Kebumen tahun 2022.