Senin, 23 Januari 2023

KONTROL RUTINITAS HARIAN SISWA KELAS VIII B Oleh: Yuliana Setya Nugraheni, S.Pd


 

Perkembangan zaman semakin maju, teknologi semakin canggih, dan apapun dapat mudah dicari dengan adanya kemajuan teknologi dan internet. Bahkan anak-anak zaman sekarang sangat lincah memainkan gadgetnya. Berdasarkan hal tersebut, sebagaian besar orangtua mengeluh adanya perubahan sikap, dan rutinitas kesehariannya di rumah yang hanya memegang gadget sehingga orang tua khawatir pada perkembangan psikis dan fisik anak-anak. Orang tua yang keseharian bekerja pagi hingga sore dan saat pulang ingin bersama anak-anaknya, tetapi saat pulang ke rumah yang didapatkan anak-anaknya justru asik dengan gadgetnya masing-masing tetapi bukan digunakan untuk belajar tetapi digunakan untuk game dan scroll aplikasi-aplikasi masa kini yang bagi sebagian besar anak membuat lupa pada waktu. Pada dasarnya perkembangan zaman itu harus dan kemajuan teknlogi dan informasi itu penting. Tetapi, yang disayangkan adalah tidak bertanggungjawabnya anak –anak dalam mempergunakan kemajuan media teknologi dan informasi tersebut tetapi justru lebih banyak untuk hal-hal kurang bermanfaat. Dari kecemasan tersebut, orangtua mencurahkan kepada pihak sekolah khususnya kepada wali kelas untuk membantu orang tua mengubah pola pikir anak-anaknya agar tidak selalu gadget sehingga menjadi anak-anak yang memiliki kegiatan bermanfaat dan supaya dapat membagi waktu antara gadget dan kegiatan yang positif lainnya. Dengan demikian, wali kelas bekerja sama dengan orang tua siswa untuk saling mengontrol anak-anak di sekolah dan di rumah. Agar mengontrolnya mudah dan dapat dilaksanakan oleh anak-anak, maka wali kelas membuat lembar  “Kontrol Rutinitas Harian Siswa”. Dengan hal tersebut, diharapkan siswa khususnya di sini adalah kelas VIII B dapat memiliki kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan terkontrol seperti kegiatan sholat 5 (lima) waktu, sholat sunah (Dhuha dan Tahajud), sholat jumat (bagi anak putra), keputrian (bagi aak putri), Tadarus/ Mengaji/ Hafalan/ Murojaah, puasa sunah, kegiatan belajar, membantu orang tua, Sikap 5 (lima) S yaitu: senyum, sapa, salam, sopan, dan santun kepada orang tua dan anggota keluarga ataupun lingkungan. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan siswa dengan kontrol orang tua di rumah yaitu dengan lembar kontrol disertai tanda tangan orang tua dan catatan orang tua. Kemudian setiap hari oleh wali kelas dikontrol dan ditanyakan kebenarannya satu per satu dengan cara pemanggilan siswa dan mengontrol tanda tangan orang tua. Harapannya, dengan adanya kontrol rutinitas harian siswa ini, anak-anak lebih memiliki sikap dan pribadi yang baik, memiliki tanggung jawab, kedisiplinan, dan kepedulian sosial yang baik, serta menjadi anak yang berbudi pekerti, berbakti pada orang tua, sehingga terwujudlah anak-anak yang soleh dan sholehah.