Senin, 07 Agustus 2023

PEMBELAJARAN SERIUS TAPI ASYIK oleh Yuliana Setya Nugraheni , S.Pd

 Kurikulum Merdeka hakikatnya memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik serta dengan memperhatikan karakteristik kurikulum merdeka itu sendiri yaitu pengembangan soft skill dan karakter, fokus pada materi esensial, dan pembelajarannya fleksibel. (dikutip dari: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/).

Dengan demikian, saya selaku guru mata pelajaran IPA berusaha untuk memberikan pelayanan bagi peserta didik sebagai fasilitator saat kegiatan pembelajaran yang berpusat pada murid, meskipun belum sempurna dan masih memerlukan banyak belajar. Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan adalah kegiatan diskusi kelompok dengan pembagian kelompok yang heterogen sesuai minatnya. Peserta didik beragam minat, ada yang suka menggambar, ada yang suka menulis, ada yang suka membuat animasi, ada yang suka menyanyi, atau bahkan membuat puisi. Dari hasil diskusi kelompok tersebut dengan bidang minat masing-masing maka peserta didik akan menampilkan di depan kelompok yang lain untuk ditanggapi atau diberi masukkan oleh kelompok yang lain tersebut. Dari kegiatan tersebut, secara otomatis peserta didik akan mau membaca baik digital maupun non digital atau membuka video sesuai materi yang akan dipelajari sebagai bahan referensi untuk dibahas bersama kelompoknya masing-masing. Harapannya, peserta didik akan dapat berfikir kritis dan kreatif yang pada akhirnya  dapat lebih mudah memahami materi yang dipelajarinya.