Senin, 18 September 2023

Sosialisasi per topik sebagai rangkaian Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Oleh Yuliana Setya Nugraheni , S.Pd




Selasa 29 Agustus 2023  di SMP Muhammadiyah 2 Kebumen telah diadakan sosialisasi isu

tentang anti perundungan melalui kegiatan Permainan Tradisional, Tari Kreasi, Outbond,

dan Musikalisasi

 

Puisi oleh Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka rangkaian kegiatan P5 dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya. Pada tema ini diharapkan siswa dapat berfikir kritis dan keatif. Pada kegiatan sosialisasi ini tiap kelompok di Kelasnya akan memaparkan hasil riset dan pelatihan yang tiap topiknya berbeda-beda (permainan tradisional, tari kreasi, outbond, dan musikalisasi puisi). Namun, tetap mengedepankan topik utama yaitu Anti Perundungan mulai dari jenis perundungan, pola perundungan, penyebab/asal mula perundungan, solusi pencegahan perundungan, akibat perundungan, dan Upaya menjaga kesehatan mental akibat perundungan.

Tiap kelompok mulai dari tanggal 21 Agustus 2023 hingga tanggal 28 Agustus 2023 melaksanakan riset, pelatihan, dan berkreasi secara berdiskusi, riset langsung kepada psikolog Bunda Rofiah Akbar, S.Psi., M.Psi dan riset wawancara kepada siswa yang terindikasi pernah menjadi korban perundungan baik di sekolah maupun di SD-nya. Dari riset tersebut, siswa saling berdiskusi lalu mempresentasikan hasilnya untuk saling bertukar pikiran dengan kelompok lain. Dari hal itu, siswa mampu membuat laporan hasil riset dan bahan yang akan digunakan untuk mengkampanyekan anti perundungan, misal dengan merangkai musikalisasi puisi, atau menjaga kesehatan mental dan pencegahan perundungan dengan bermain outbond. Dalam hal ini, siswa membuat perlengkapan yang akan dilakukannya kemudian membuat poster sebagai bentuk sosialisasi kepada orang lain di acara sosialisasi isu anti perundungan. Setelah mensosialisasikan, siswa akan menampilkan hasilnya dalam bentuk festival. Festival ini akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2023 sebagai supaya kampanye anti perundungan sehingga dapat lebih mengena kepada siswa dan lingkungan sekolah, karena kampanye dilakukan dari siswa dan untuk siswa. Dengan demikian, kampanye anti perundungan dapat dicegah sedari dini dan jika sudah terjadi maka dapat memperoleh solusi untuk menjaga kesehatan mentalnya. Karena setiap orang memiliki kesehatan mental yang berbed-beda, maka kesehatan mental itu sangat perlu dijaga, demi kesehatan dan kemaslahatan hidup setiap orang. Hasil akhirnya bahwa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen dapat mencapai progres Bangunlah jiwa dan raganya di lingkungan sekolah dalam projek penguatan profil pelajar pancasila.