Selasa, 07 Juni 2022

TUNTUTAN SEORANG GURU DI ERA 4.0 DALAM BIDANG IT oleh Afifah Meilantika , S.Pd

 

Dunia pendidikan menjadi salah satu ruang lingkup yang sangat penting bagi sebuah negara untuk masa depan dan kesejahteraan bagi warga di negara tersebut. Pasalnya dengan adanya pendidikan yang maju di sebuah negara, maka akan mencetak calon generasi- generasi muda penerus bangsa yang memiliki potensi untuk terus memajukan dan mengembangkan pendidikan sesuai dengan berkembang zaman. Kita dapat melihat keberhasilan suatu negara dengan menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif dan berkualitas, sangat tergantung pada kualitas penyelenggara kegiatan proses belajar mengajar di skeolah dan lembaga pendidikan sejenis diseluruh lapisan rakyat Indonesia.  Seiring dengan perkembangan zaman, dunia pendidikan sangatlah berkembang pesat sesuai dengan peradabannya. Pendidikan saat ini sudah memasuki era dimana seorang pendidik dituntut harus bisa menguasai internet of things (IOT).

Di Indonesia, dunia pendidikan saat ini masih memiliki permasalahan dalam mutu pendidikan Indonesia yang masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Berdasarkan Survey Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 yang baru saja di rilis pada bulan Maret 2019 lalu memotret seklumit masalah pendidikan Indonesia. Dalam kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke 74 dari 79 negara. PISA merupakan survei evaluasi sistem pedidikan di dunia yang mengukur kinerja siswa kelas pendidikan menengah. Penilaian ini dilakukan setiap tiga tahun sekali dan dibagi menjadi tiga poin utama, yaitu literasi, matematika, dan sains. Hasil pada tahun 2018 mengukur kemampuan 600 ribu anak berusia 15 tahun dari 79 negara. (Kamis, 22 Oktober 2020. ayomenulis.id/artikel)

  Berdasarkan hasil survei saat ini dunia pendidikan Indonesia masih dalam kategori rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Padahal dunia pendidikan di era saat ini sudah harus mengedepankan teknologi internet of things karena zaman sekarang ini sudah masuk di era 4.0 yang artinya pendidikan di Indonesia sudah mulai mengedepankan teknologi dalam pembelajaran khususnya dalam bidang internet of things (IOT). Dengan adanya pendidikan di era 4.0 saat ini, kurikulum pendidikan juga harus mampu menyesuaikan materi bahan ajar yang harus disampaikan ke peserta didik. Oleh karena itu selain kurikulum yang harus disiapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik juga harus disiapkan tenaga pendidik yang harus bisa menguasai teknologi pada saat pembelajaran di dalam kelas.

Padahal tenaga pendidik atau yang sering kita sebut dengan panggilan “Guru” pahlawan tanpa tanda jasa tidak semua mumpuni dalam bidang teknologi. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan pembelajaran di era 4.0 di Indonesia belum maksimal. Beberapa faktor yang menyebabkan dunia pendidikan di Indonesia belum maksimal dalam mengikuti perkembangan dunia pendidikan di era 4.0 yaitu usia, sarana dan prasarana , jaringan dan pemahaman tenaga pendidik akan apa itu pendidikan pembelajaran di era 4.0 saat ini. Oleh karena itu hampir di setiap sekolah mengadakan kegiatan seminar terkait bagaimana pendidikan yang berkualitas di era 4.0 saat ini. Pelatihan- pelatihan tentang teknologi yang ditujukan kepada tenaga pendidik juga tidak sebanding dengan pengalaman mereka yang sudah berpuluh- puluh tahun mengabdi di dunia pendidikan sampai saat ini dengan tenaga pendidik yang tergolong baru serta dengan cepat tanggap bisa menguasai teknologi demi proses kelancaran kegiatan  pembelajaran di dalam kelas.

Semua tenaga pendidik saat ini dituntut harus bisa menguasai teknologi dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas. Padahal tidak semua pendidik bisa menguasai teknologi dengan cepat karena faktor usia. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama antara guru senior dan guru junior untuk saling membantu terkait pembelajaran menggunakan teknologi. Saat ini dunia sedang berduka termasuk negara kita yaitu Indonesia sedang mengalami pandemi covid-19 yang mewajibkan peserta didik untuk belajar dirumah masing-masing dan pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan internet. Dengan masuknya dunia pendidikan di era 4.0 saat ini, tenaga pendidk yang sudah senior perlu mendapatkan pendampingan secara khusus agat dapat menguasai teknologi. Dengan diadakannya pendampingan secara rutin kepada tenaga pendidik yang senior memungkinkan mereka bisa mengaplikasikan teknologi ke dalam pembelajaran saat ini yang dituntut harus bisa menggunakan teknologi salah satunya komputer.

Pendampingan kepada tenaga pendidik khususnya bapak ibu guru senior harus ekstra sabar karena mereka termasuk dalam kategori generasi X yang kenyataanya mereka masih Gaptek “Gagap Teknologi” dan baru akan menjumpai metode pembelajaran yang dituntut harus menguasai teknologi seperti saat ini. Khusus untuk pendampingan kepada bapak ibu guru senior perlu dilakukan dengan hati- hati dan pelan agar mereka mudah memahami serta bisa mengingat materi apa yang sudah diberikan. Oleh karena itu dengan diberikan pelatihan dan sistem pembelajaran saat ini yang mengharuskan peserta didik di rumah maka tenaga pendidik sudah harus beradaptasi untuk selalu menggunakan tekologi dalam hal pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan saat ini yaitu Pembelajaran Jarak Jauh. Sistem pembelajaran tersebut dilakukan agar peserta didik bisa mendapatkan materi yang seharusnya mereka dapatkan. Pembelajaran jarak jauh sangat bermanfaat bagi peserta didik salah satunya dapat membantu peserta didik dalam hal mendapatkan materi pembelajaran. Walaupun mereka harus belajar dengan sistem daring dan menggunakan Handphone masing-masing serta dilakukan di rumah.

Selain itu, pembelajaran jarak jauh juga sangat membantu tenaga pendidik dalam menyampaikan materi yang akan diberikan kepada peserta didik. Dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh juga menuntut tenaga pendidik harus bisa menguasai teknologi demi kelancaran proses pembelajaran mengajar di era zaman ini. Teknologi yang harus dikuasai tenaga pendidik agar materi dapat langsung disampaikan kepada peserta didik sangatlah beragam. Tenaga pendidik dituntut harus bisa menguasai beberapa teknologi seperti komputer dan Hp android demi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu adanya pelatihan-pelatihan tentang kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknologi selalu melibatkan tenaga pendidik agar selalu up to date dalam bidang teknologi. Teknologi saat ini sangat bermanfaat bagi tenaga pendidik dan peserta didik, selain itu teknologi yang digunakan juga sangat mudah untuk kegiatan proses kegiatan belajar mengajar.

Guru di era 4.0 saat ini sangatlah dituntut perannya untuk selalu memberikan pembelajaran yang terbaik kepada peserta didiknya. Selain itu guru juga dituntut agar selalu mempunyai jiwa yang kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik agar mereka tidak cepat jenuh atapun bosan dalam proses kegiatan mengajar. Oleh karena itu pendampingan guru dalam bidang teknologi sangatlah dibutuhkan demi menunjang kelancaran proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya pelatihan berbagai macam khususnya berkaitan dengan teknologi, guru jadi bisa melakukan metode pembelajaran yang beraneka macam. Misalnya pada era zaman ini yang menuntut peserta didik harus belajar dari rumah masing-masing, guru jadi mengetahui metode apa saja yang harus diberikan agar peserta didik tetap belajar walaupun dari rumah dan sistem pembelajarannya tidak membosankan. Salah satu aplikasi pembelajaran jarak jauh yang digunakan saat ini yaitu dengan menggunakan menerapkan aplikasi google classroom agar proses kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar.

Dari berbagai macam teknologi pembelajaran yang ada, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar google classroom merupakan salah satu aplikasi yang sangat membantu  guru dalam hal menyampaikan materi pada saat pembelajaran jarak jauh ataupun daring seperti saat ini. Pelatihan semacam google classroom sangat penting bagi bapak ibu guru agar peserta didik bisa belajar dirumah tanpa harus bertatap muka langsung karena meihat kondisi pandemic covid-19 saat ini yang tidak memungkinkan untuk seluruh peserta didik datang ke sekolah. Pelatihan dan pendampingan kepada guru senior juga harus selalu diberikan setiap saat agar mereka selalu terbiasa untuk bisa menggunakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tenaga pendidik juga harus pandai mengoperasikan komputer agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Selain dibekali ilmu tentang teknologi dibidang IT, demi menunjang proses pembelajaran yang berkualitas maka guru harus difasilitasi sarana dan prasarana yang memadai.